07
May
08

American dirty little secret: botol dan kantung plastik

American Dirty Little Secret: Botol dan Kantung Plastik

The Business Shrink –
Selain perusahaan minyak, pertumbuhan ekonomi global dan peperangan, satu faktor penyebab meningkatnya harga minyak dunia adalah konsumsi produk plastik.
Orang Amerika menggunakan 31,2 miliar liter air kemasan botol di tahun 2006, yang memerlukan lebih dari 900 ribu ton plastik. Proses pengolahan untuk membuat botol memerlukan kombinasi antara gas dan petroleum. Di pasaran, air botol kemasan AS memerlukan 17,6 juta barel minyak. Amerika tidak sendirian, konsumen besar lainnya adalah Meksiko, Cina, Brazil, Italia, Jerman, Perancis, Indonesia, Spanyol dan India.
Kantung plastik adalah benda yang umum digunakan di seluruh dunia karena kemudahan produksi dan kemurahan harganya dibandingkan dengan kantung kertas. Kantung plastik memerlukan minyak sebagai bahan bakunya. Saat ini, AS mengonsumsi 100 miliar kantong belanja plastik dalam waktu setahun. Konsumsi seluruh dunia berkisar antara 500 miliar sampai 1 triliun kantung plastik per tahun. Konsumsi sebanyak itu setara dengan 12 barel minyak per tahun untuk AS dan 60-120 miliar untuk seluruh dunia. 29,6 miliar barel minyak yang digunakan AS untuk membuat kantong plastik bisa menghidupi 2 sampai 3 miliar mobil dalam rentang waktu yang sama.


0 Responses to “American dirty little secret: botol dan kantung plastik”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: