21
May
08

Tujuh Alasan untuk memberikan ASI pada Anak yang Perlu Diketahui

Pemberian ASI eksklusif telah bisa diterima oleh berbagai kalangan di negeri kita, meskipun jangka waktunya masih menjadi polemik. Namun, ada satu hal yang tidak perlu diperdebatkan adalah, manakah yang lebih menyehatkan, ASI atau susu formula, maka satu jawaban yang pasti adalah: ASI. ASi tidak hanya bagus untuk bayi, ASi juga baik untuk sang ibu.

· Pemberian ASI membangun sistem kekebalan tubuh bayi
Bayi yang baru lahir masih mengembangkan dan belum memilki system kekebalan yang matang untuk melindungi diri dari sakit. Antibodi atau molekul kekebalan yang terdapat dalam ASI ditransfer kepada bayi, yang memberi bayi itu kekebalan dari penyakit yang ibunya juga kebal terhadapnya.
Sebaliknya,jika bayi itu terkena kuman, bayi itu akan mentransfernya kembali ke ibunya pada saat menyusui. Kemudian tubuh ibu akan membuat antibody bagi kuman itu dan mengembalikannya kepada bayi pada waktu dia menyusuinya. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa yang diberi ASI eksklusif memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik daripada yang tidak dalam waktu hidup mereka yang lama.
Bayi yang diberi susu formula tidak memiliki sistem kekebalan yang sama dan memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena:
· infeksi saluran telinga tengah
· pneumonia
· gastroenteritis
· infeksi saluran kencing
· nekrosis enterokolitis (suatu gangguan pada saluran pencernaan yang bisa menyebabkan kematian bayi)
Sebaliknya, bayi yang diberi ASI memiliki perlindungan untuk melawan:
· penyakit jantung
· kanker system imunitas, misalnya limfoma
· penyakit saluran usus seperti sindrom Crohn
· reumatik arthritis pada remaja
· asma dan alergi
· eksim
· diabetes tipe 1 dan 2

· Menyusui memperbaiki fungsi otak bayi
Bayi yang diberi ASI cenderung memiliki intelegensi yang lebih tinggii dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Hal ini dimungkinkan terkait dengan adanya komponen khusus yang terdapat dalam ASI, termasukasam lemak omega 3.
Sebagai contoh, sebuah studi menemukan bahwa kecerdasan verbal anak usia 7-8 tahun yang semasa bayinya diberi ASI adalah sekitar 10 poin lebih tinggi daripada anak yang tidak memperolehnya. Penelitian lainnya dalam kurun waktu 18 tahun yang melibatkan lebih dari 1000 anak, menemukan bahwa anak yang diberi ASI mempunyai kecerdasan lebih tinggi dan prestasi akademik yang lebih baik daripada anak-anak yang diberi susu formula semasa bayinya.
Menarik untuk dicatat bahwa bayi yang diberi ASI secara alami memiliki waktu yang lebih lama untuk berada pada kondisi ‘quiet alert’, yang tidak saja menenangkan orang tuanya, tapi juga kondisi itu merupakan kondisi paling kondusif untuk pembelajaran bagi bayi.

· Menyusai mengurangi resiko obesitas
ASI mengandung protein yang bisa mengurangi resiko obesitas. Faktanya, semakin lama seorang anak diberi ASI, semakin rendahlah resiko terkena obesitas, seperti yang ditemukan oleh para peneliti dari AS. Protein ini mempengaruhi pemrosesan lemak dalam tubuh.

· Menyusui membantu bayi secara emosional
Bayi membutuhkan sentuhan yang intens, dan yang paling membuatnya nyaman adalah tindakan fisik saat menyusui. Meninggalkan bayi seorang diri dengan botol dot tidak memuaskannya secara emosional dan tidak nyaman. Menyusui juga melekatkan ikatan antara ibu dan anak yang selamanya tidak bisa dilakukan oleh sebuah botol. Dengan menyusui, hormone oksitosin terstimulasi untuk keluar, sehingga meningkatlah naluri keibuannya.

· Menyusui mengurangi resiko seorang ibu terkena kanker dan gangguan kesehatan lainnya
Ibu menyusui mengurangi resiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium, serta osteoporosis pada masa mendatang.

· Berat badan ibu lebih cepat kembali seperti kondisi saat kehamilan
Ibu menyusui kehilangan berarti badan lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini karena untuk menghasilkan ASI dan menyusui memerlukan sekitar 500 kalori per hari. Jumlah ini setara dengan berjalan sejauh kira-kira 5 mil. Menyusui juga menstimulasi kontraksi uterus yang membantunya kembali ke kondisi normal, seukuran dengan saat sebelum hamil dengan lebih cepat. Menyusui juga membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

· Menghemat waktu dan biaya
Sungguh, tujuan utama pemberian ASI adalah untuk membantu anak secara fisik dan psikis, namun, di lain sisi, ada keuntungan materi yang diperoleh yang tidak bisa dipandang remeh. Jika tidak ada persiapan dengan botol dan susu formula, maka ASI akan selalu segar dan siap. Disitulah penghematannya, waktu dan uang. Penghematan ini akan terus berlangsung di waktu-waktu berikutnya, seiring dengan pertumbuhan anak, karena waktu dan biaya untuk pergi ke dokter akan lebih rendah.

Jika Tidak Bisa Menyusui

Sedikitnya, ada 400 nutrisi dalam ASI yang tidak terdapat dalam susu formula. Apabila karena ada satu hal atau lebih yang menyebabkan menyusui bayi tidak memungkinkan, cobalah untuk membuat formula dari susu segar. Bagaimanapun, ASI adalah pilihan terbaik. Semakin lama ASI diberikan, semakin baik hasil yang dicapai, bahkan, pemberian ASI dalam waktu yang singkat adalah lebih baik daripada tidak sama sekali.

Subhanallah, dari sudut pandang Islam, inilah sunatullah, tentang pentingnya menyusui. Seperti yang tertera dalam QS Al Baqarah (2): 233: “Dan ibu-ibu hendaklah menyusuii anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah (menderita) karena anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukannya pada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

Menyusui bayi juga bisa menjadi realisasi dari firman Allah dalam QS An-Nisa’: 9, “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah dibelakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.”

Itu merupakan keutamaan seorang ibu. Mulai dari mengandung, melahirkan dan merawat serta mendidik anak adalah ladang pahala baginya. Karena anak-anak itu yang akan melanjutkan tekad mereka, para orang tua, untuk membangun peradaban. Dan untuk mewujudkannya, dibutuhkan generasi yang kuat, baik secara ruh, akal dan jasadnya.


0 Responses to “Tujuh Alasan untuk memberikan ASI pada Anak yang Perlu Diketahui”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: