24
May
08

BLT… relevankah?

Hari ini, tepat jam sembilan pagi pemerintah mulai membuka pos-pos BLT untuk menyalurkan uang tunai itu pada masyarakat yang digolongkan kaum miskin. Duh, sudah hampir enggak bisa berkata-kata lagi, Sudah banyak tulisan yang membahas masalah ini, kenaikan BBM dan pemberian BLT, yang ditolak kelompok mayoritas, lengkap dengan analisis dan argumennya. Namun, pemerintah yang hanya mewakili segelintir orang tetap nekat menaikkan harga plus menyogok rakyatnya sendiri dengan uang.
Cobalah amati kondisi tiga tahun lalu, saat BBM dinaikkan dan masyarakat diberi bantuan uang oleh pemerintah, lalu bandingkan dengan keadaan sekarang. Dulu, tanpa perlu melihat data BPS pun, di sekelilingku orang-orang jalanan masih berseliweran, rumah-rumah kumuh bertebaran, aksi kekerasan, bunuh diri, memenuhi pemberitaan media. Kini, kondisi itu, belum berubah. Bahkan, kurasa makin parah. Lalu, apa manfaat signifikan dari pemberian bantuan dari pemerintah itu. Jika program itu efektif, tentunya jumlah warga miskin yang perlu memperoleh BLT akan berkurang. Jika dirasa gagal, kenapa musti diulangi? Kurasa sistemlah yang harus diperbaiki. Bukan sekedar ganti kepemimpinan dengan menerapkan kebijakan seperti para pendahulunya. Duh, tidakkah mereka pernah membayangkan jawaban apa yang akan mereka berikan saat Tuhan kelak menanyakan penggunaan wewenangnya sebagai penguasa??


1 Response to “BLT… relevankah?”


  1. May 27, 2008 at 11:12 am

    Saya setuju, sebenarnya sistem-nya lah yang harus diperbaiki. Banyak option yang bisa dipilih selain BLT, tetapi karena sistem yang diatas meja bagus ternyata di lapangan amburadul. Itulah kenapa pemerintah masih mengandalkan BLT sebagai konpensasi kenaikan BBM. Walaupun sebenarnya pemerintah (katanya) juga akan memberikan bantuan untuk kesehatan gratis, raskin dan kredit usaha. So kita lihat saja dampak BLT ini 2-3 minggu lagi, masihkah banyak yang komplain…itu lumrah wong keputusannya saja mendadak gitu. Jika tidak keberatan lihat artikel saya tentang BLT dengan data yang ada, di:
    http://susenas.wordpress.com/2008/05/26/bantuan-langsung-tunai-siapa-yang-menerima/

    Salam kenal

    @ salam kenal juga Pak Andi😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: