20
Jul
08

Cerita Ayah

Sebelum kami tidur ayah…

Dulu ada padang dan lembah subur, menghijau permukaannya tertutup rumput dan barisan pohon2 berkayu tinggi menjulang. Belukar menjadi tempat kesenangan herbivore memungut daun2 segar..mengundang kambing-kambing yang kelaparan. What a sight! Tetesan liur pemangsa pun bercucuran. Harimau belang mendekat, mengintai dan siap menubruk dan memamah diantara kambing yang lemah. Insting tanda bahaya membisiki mereka tuk lari menyelamatkan diri. Harimau tidak peduli. Ia punya anak2 yang harus diberi gizi. Makanan untuk bertahan hidup.

Semua makhluk disana punya peran dalam membentuk rantai makanan. Mereka yang tak sempat tercium predator lain jatuh ketanah menjadi bangkai, teruai bakteri. Semua berjalan dalam keseimbangan. Berburu dan diburu. Berulang dari masa kemasa. Rapi. segalanya terpelihara..genangan bening air membentuk telaga. Hingga saatnya manusia mengambil alih kekuasaan..menebangi pepohonan, memenjarakan elang dan kutilang. Kini tinggallah burung gereja sendirian, kucing2 yang mengandalkan makanan dari majikan. Pagipun menjadi sunyi dari riuh riang burung2 liar.

Sinar mentari yang dulu lembut menerobos dedaunan, kini berubah garang dan siap membakar

Ayah, dimanakah kami akan temui sejuknya lorong2 desa

Kemanakah udara dingin yang lembut membelai wajah kami pergi..hari ini kami temukan bumi semakin panas. Pengap penuh debu dan sesak. Ruas2 jalan yang menjadi tempat sampah..Ayah.. kami mendengar engkau masih bertutur panjang, bercerita tentang awal hari yang indah, senja nan menawan, rembulan yang tersenyum ceria…mengantar kami berganti usia…

Cerita ayah, bening ceritamu tertutup keruh asap ulah tangan2 manusia…


0 Responses to “Cerita Ayah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: